Friday 20 December 2013

Some events between November and mid December 2013

Tulisan kali ini aku mulai dengan menceritakan hasil dari perjuangan menghadapi IELTS test ke-2. Setelah menyelesaikan course yang melelahkan selama 25 jam (2.5 jam x 10 hari) selama 2 minggu, akhirnya saya menyelesaikan ujian IELTSku dengan cukup sukses. Memang, hasil kursus tidak terlalu terasa dan tidak terlalu berpengaruh. Pengalaman mengikuti ujian pertama cukup memberi banyak pengetahuan pada saat test ke-2 ini. Pada ujian pertamaku, aku hanya fokus pada latihan listening dan reading. Aku belum berlatih serius untuk writing dan menganggap kemampuanku berbahasa Inggris di kantor sudah cukup untuk ujian speaking. Ternyata tidak. Pada masa persiapan ujian ke-2, aku fokus 2 minggu hanya untuk berlatih writing dan mulai memberanikan diri lebih sering berbicara dalam English di kantor dengan hanya berlatih sesaat untuk listening dan reading. Ujian pun berlangsung dan keluarlah hasilnya setelah 2 minggu. Akhirnya saya mendapatkan score overal 6.5 dengan komposisi 8.0 - 6.5 - 5.5 - 6.0. Sebenarnya, nilai overal saya sudah cukup untuk mendaftar sekolah yang pernah saya ceritakan sebelumnya. Tetapi apa daya, nilai writing saya belum memenuhi syarat minimal, yaitu 6.0. Akhirnya saya pasrahkan nilai ini ke prof yang nawarin saya. Biarlah dia yang mengusahakannya. Saya sudah berjuang keras! hehe. Selain tentang IELTS, tidak ada yang special pada bulan November. Pekerjaan biasa sehari-hari aku kerjakan di kantor dan hampir sama setiap saat. Mungkin yang menarik bahwa saya diundang untuk memberi presentasi di International Symposium on Earthquake and Disaster Mitigation dari GREAT-ITB (almamater saya). Akhir bulan November - awal Desember saya habiskan waktu untuk mempersiapkan presentasi di Jogja dan secara bersamaan membantu ex-supervisor saya menyiapkan bahan-bahan yang akan ia bawa untuk conference di San Fransisco. Acara ISEDM baru saja usai, acara ini diselenggarakan tanggal 17-18 Desember di Jogja. Saya diajak untuk menjadi participant dan saya mempresentasikan tentang hasil kerja yang telah dilakukan hingga saat ini, walau kerjaan belum tuntas. Akhirnya, saya menyelesaikan presentasi in English pertamaku pada tanggal 18 Desember pukul 13:25. Yihaaa!!! Dan saat aku presentasi, terdapat manajerku, si prof, dan seorang kawan baru yang melihatku. Mereka mengatakan, "your presentation was good! well done!" Cihuuuy... Pulang ke Jakarta dengan membawa banyak gudeg ....... Today is the last day in the office for this year. I will take 2 weeks holiday and see you again next year!

No comments:

Post a Comment