Friday 24 February 2012

Salatiga dan kuliah

Malam2 dini hari gini enaknya sih tidur. Tapi, ga tau kenapa di malam ini saya tiba2 asik memikirkan sesuatu.

Siang ini rencana untuk pergi ke Salatiga karena di hari Sabtu ada acara doa 100 harinya mbah kung. Selain itu, di malam ini saya chating dg beberapa teman dan promosi tentang salatiga.

Teringat akan kuliah2 yg sedang dilalui selama master ini tentang apa itu sesar (orang awam mengenalnya dg istilah patahan). Secara singkat, teman saya yg lama berkecimpung dg dunia patah-patahan ini, memberikan sebuah informasi yg cukup singkat, cukup padat, dan terkadang cukup sulit dimengerti oleh saya. Salah satu cara untuk melihat diskontinu geologi yaitu dg cara melihat beda tinggi topografi. Beda tinggi topografi ini nantinya kalo diteliti lebih lanjut bisa nemuin patahan.

Teringat apa yg diucapkan olehnya, saya teringat bahwa tempat dulu saya tinggal selama 2 tahun, terdapat yg asik. Dari jalan besar yg ada RS DKT, kalo ke rumah saya di Ds. Butuh, akan menemukan lembah. Kalo dari google earth sih tak tampak 3-D nya. Kalo dari arah jalan besar, turunan lembahnya agak landai tapi setelah sampai dasar, naik ke lembahnya curam. Ga dalam2 amat sih si lembah unik ini, paling 10-20 meter (perkiraan ngasal). (Lokasinya bisa dilihat di gambar di bawah)

Lokasi 1

Dulu ingat juga, kalo di belakang rumah itu jalannya agak naik sedikit terus kalo diterusin jalan bakal nemu kali yang posisinya dibawah. Dlu sih belum pernah jalan2 ke sana. Tapi, setelah diamati di google earth, tampak ada yg menarik.

Lokasi 2

Hmm, kira2 ada apa gerangan disana yah?

Kayanya bacaan menarik yg harus dibaca oleh saya adalah kondisi tektonik Jawa Tengah. Trus, tadi coba liat sekilas dari paper yg ditulis oleh Soehaimi (2008) tentang kondisi tektonik di Jawa. Secara sekilas, ada sesar Rawa Pening. [bisa di donlot di: http://www.bgl.esdm.go.id/dmdocuments/jurnal20080405.pdf].
Kalo Rawa Pening-nya sendiri, lokasinya tuh sekitar 30 menit perjalan darat dari rumah ke lokasi. Ya.. kalo pake pesawat/kapal ga bakal nyampelah. Apakah ada hubungannya?

Nantikan pemikiran lebih lanjut di tulisan berikutnya.

HAHAHA

irpranantyo


No comments:

Post a Comment